Film “Nyai Ahmad Dahlan” Siap Tayang di Bulan Agustus

0
193
Prescon Film
Prescon Film "Nyai Ahmad Dahlan" 3 Agustus 2017 di Gedung Mampang Square Jakarta Selatan (Foto oleh: Rey Janecekova)
Prescon Film "Nyai Ahmad Dahlan" 3 Agustus 2017 di Gedung Mampang Square Jakarta Selatan (Foto oleh: Rey Janecekova)
Prescon Film “Nyai Ahmad Dahlan” 3 Agustus 2017 di Gedung Mampang Square Jakarta Selatan (Foto oleh: Rey Janecekova)

Dlanggu.com, Jakarta. Pada saat kita mendengar kata “Pahlawan”, hampir secara otomatis pikiran kita akan membayangkan sosok seseorang yang kekar dan berlaga dimedan perang dengan menyandang senjata. Bayangan tersebut tidak salah, tetapi juga tidak selalu benar. Tidak salah, karena memang selama masa penjajahan, bangsa Indonesia harus melawan penjajah secara fisik dan dibelakang perlawanan secara fisik tersebut, pastinya terdapat juga tokoh-tokoh pemikir dan penggerak yang hebat.

Salah satu tokoh tersebut adalah seorang pahlawan wanita, yaitu ibu Siti Walidah atau yang lebih dikenal sebagai Nyai Ahmad Dahlan. Mungkin nama Nyai Ahmad Dahlan atau ibu Siti Walidah selama ini kurang banyak dikenal. Bahkan mungkin banyak msyarakat Indonesia yang tidak mengenal siapa sosok ibu Siti Walidah atau Nyai Ahmad Dahlan ini. Untuk itu IRAS film secara khusus mengangkat sosok Nyai Ahmad Dahlan ini kedalam sebuah film. “Film Nyai Ahmad Dahlan kami angkat sebagai film layar lebar sebagai persembahan dari IRAS Film untuk bangsa Indonesia, Muhammadiyah, Aisyiyah dan keluarga besar Kyai Haji Ahmad Dahlan, dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air dan bangga pada sosok pahlawan nasiional kita.” jelas Bapak Asrul Aziz Taba, Executive producer IRAS Film seperti yang dimuat pada press release dari IRAS Film saat Press converence yang diadakan di Gedung Mampang Square, Wisma NRA, Kamis, 3 Agustus 2017 yang lalu.

Film Nyai Ahmad Dahlan ini sendiri banyak mengambil lokasi syuting di Yogyakarta pada bulan April lalu, tepatnya di Kauman yang merupakan tempat berdirinya Gerakan Perempuan “Sopo Tresno” yang kemudian berganti nama menjadi Aisyiyah. Ditempat tersebut, Nyai Ahmad Dahlan juga mendirikan sebuah masjid untuk wanita.

Film yang di produseri oleh ibu Dyah Kalsitorini dan didukung oleh aktris dan aktor yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan aktingnya seperti Tika Bravani yang memerankan tokoh utama Nyai Ahmad Dahlan, David Khalik sebagai Kyai Ahmad Dahlan, Cok Simbara, Della Puspita, Rara Nawangsih, Egi Fredly, Malvino Fajaro, Inne Azri, menjadikan film yang direncanakan tayang secara serempak pada tanggal 24 Agustus 2017 layak untuk ditunggu. Ditambah lagi film ini akan tayang pada bulan Agustus yang merupakan bulan bersejarah bagi bangsa kita.

 

 

LEAVE A REPLY