Peluncuran Boneka Hafiz dan Hafizah Di Toys Kingdom Alam Sutera

0
124
Antusiasme anak-anak terhadap boneka Hafiz dan Hafizah (Foto: Kiki Handriyani)
Antusiasme anak-anak terhadap boneka Hafiz dan Hafizah (Foto: Kiki Handriyani)

Dlanggu, Serpong. Di awal tahun ini, Al Qolam kembali meluncurkan produk edukatif sebagai solusi bagi anak-anak muslim untuk menghafal Al Quran, bernama Hafiz Junior. Mainan edukatif dengan kualitas audio yang jernih ini berisi masing-masing murottal juz 30 dan 6 lagu anak-anak.

Peluncuran Boneka Hafiz dan Hafizah 19 Februari 2018 di Toys Kingdom Mall Living World Alam Sutra (Foto: Rey Janecekova)
Peluncuran Boneka Hafiz dan Hafizah 19 Februari 2018 di Toys Kingdom Mall Living World Alam Sutra (Foto: Rey Janecekova)

Menariknya, Hafiz Junior diluncurkan dalam 2 pasang dengan tema profesi yang berbeda. Satu pasang Hafiz dan Hafizah bertema Dokter dan yang lainnya bertema Pilot. Terobosan terbaru untuk keunikan produk ini salah satunya pada saat boneka dinyalakan, ia akan bercerita mengenai profesinya masing-masing. Dengan memperkenalkan profesi pada anak-anak sejak dini akan membuat anak menjadi lebih mudah mengenali apa yang menjadi cita-citanya kelak dan juga dapat memberikan pengetahuan kepada mereka tentang tugas dan tanggung jawab dari masing-masing profesi.

Kali ini inisiasi meluncurkan boneka Hafiz Junior untuk mempermudah anak-anak dalam menghafal Al Quran, khususnya pada juz 30 yang berisi 37 surah pendek. Dengan tujuan tersebut, boneka Hafiz dan Hafizah Junior dibekali dengan metode menghafal Al Quran yang diulang-ulang per ayat. Pengulangan ayat bisa dipilih sebanyak 3 kali, 5 kali, 10 kali, atau 20 kali. Kemudian bacaannya akan diteruskan ke satu ayat selanjutnya dan akan diulang kembali.

Berbeda dengan boneka Hafiz versi sebelumnya, Hafiz Junior berukuran lebih kecil, sesuai dengan namanya. Tinggi boneka Hafiz Junior ini hanya sekitar 13-14 cm sehingga memungkinkan anak-anak dapat membawanya dengan mudah kemana saja.

Direktur Al Qolam, Ayu Palupi menjelaskan, “Ini salah satu inovasi dari boneka Hafiz Junior yang berbeda dari pendahulunya. Hafiz Junior secara fisik dikemas agar pas dipegang anak-anak dan mudah untuk dibawanya kemana-mana. Harapannya, Hafiz Junior bisa menjadi media anak-anak menghafal surah-surah pendek di mana pun dan kapan pun.

Ayu Palupi menambahkan, “Peluncuran Hafiz Junior sebagai bentuk konsistensi Al Qolam dalam mewujudkan visinya membangun generasi muslim yang berakhlaqul karimah.”

Selain murottal, Hafiz Junior dibekali dengan 6 lagu anak-anak islami. Masing-masing profesi dari boneka mempunyai lagu yang berbeda-beda. Hafiz dan Hafizah profesi dokter terdapat lagu Al Qolam for Kids, Mengenal Allah, Mari Sholat dan Baca Al Quran, Belajar Mengenal huruf Hijaiyah, Mengenal Harakat, serta Belajar Menyambung 2 Huruf.

Sedangkan pada Hafiz dan Hafizah profesi Pilot, terdapat lagu Al Qolam for Kids, Doa Ilmu yang Bermanfaat, Doa Sebelum Tidur, Doa Untuk Orang Tua, Membaca Bacaan Panjang 2 Harakat, serta Belajar Membaca Dengan Huruf Harakat Tanwin. Lagu-lagu ini diharapkan dapat mempermudah anak-anak dalam mempelajari Al Quran dan Islam dengan menyenangkan.

Karakter Hafiz dan Hafizah yang merupakan anak laki-laki dan perempuan berusia sekitar 9 tahun dipilih sebagai gambaran ideal anak-anak muslim pecinta Al Quran. Selain fasih membaca Al Quran, karakter Hafiz dan Hafizah digambarkan sebagai anak yang berpengetahuan luas dan berpikiran terbuka.

Selain Hafiz Junior, pada pertengahan tahun lalu, Al Qolam juga meluncurkan produk bernama Smart Hafiz sebagai media audio visual bagi anak yang juga dapat digunakan untuk berkaraoke. Produk ini bertujuan sebagai pengganti gadget untuk anak, di mana kontennya sulit untuk dikontrol oleh para orangtua. Terdapat lebih dari 300 konten edukatif berupa kisah para nabi, belajar membaca Al Quran, video animasi, lagu-lagu anak, dan sebagainya.

Diharapkan produk-produk edukatif dari Al Qolam ini bisa menjadi pilihan bagi para orangtua untuk menemani anak-anak belajar mengenal Islam dan Al-Quran tanpa mengesampingkan kebutuhan mereka untuk tetap bermain,” tutup Ayu Palupi.

LEAVE A REPLY